Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Keterkaitan Sikap Tawakkal kpd ALLAH dg Tindakan Operasi Caesar

 Keterkaitan Sikap Tawakkal kpd ALLAH dg Tindakan Operasi Caesar 

Oleh:
Asy Syaikh Muhammad bin Sholih Al 'Utsaimin -RahimahuLLAH-

📜 Pertanyaan:
Fadhilatus Syaikh..
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dlm surat 'Abasa, (yg ma'nanya) "Kemudian jalan tsb, Dia yg memudahkannya" [Q.S. 'Abasa:20]
Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menjamin untuk memudahkan kelahiran ini. Namun, didapati kebanyakan manusia baik kaum lelaki maupun wanita tergesa-gesa melakukan tindakan yg disebut dg Operasi Caesar. Apakah hal ini termasuk lemahnya sikap bertawakkal kpd Allah Subhanahu wa Ta'ala?

📜 Jawaban:
Saya berpendapat -BaarakaLLAHU fiik- bahwa tindakan yang dilakukan oleh manusia sekarang ini, yakni tatkala seorang wanita merasakan sakit hendak melahirkan, pergi ke rumah sakit kemudian terburu ditangani dengan operasi caesar, saya berpendapat hal ini termasuk hasutan syaithan. Dan kerugian yang ada lebih banyak daripada manfaatnya.

💞 Karena seorang wanita itu, mau tidak mau musti merasakan sakit saat bersalin. Namun dengannya dia dapat mengambil beberapa pelajaran:

 1. Sebagai penghapus dosa-dosanya.

 2. Meninggikan derajatnya. Tentunya jika dia bersabar dan ihtisab (mengharap pahala).

 3. Dia semakin mengerti akan kedudukan sang ibunda, yang dahulunya juga tertimpa apa yang menimpanya.

 4. Dia semakin mengerti pula akan nilai nikmat yg Allah berikan kepadanya, berupa al-'Afiyah (kesehatan).

 5. Akan menambah rasa sayangnya kepada sang anak. Karena mendapatkan sesuatu dg susah payah, maka tabiat jiwa lebih menyayanginya serta lebih merindukannya.

 6. Sang bayi keluar dari jalan lahirnya yang telah umum diketahui. Dan padanya terdapat kebaikan bagi si bayi tsb serta bagi sang ibu.

 7. Adanya kekhawatiran bahaya operasi caesar tsb. Karena tindakan operasi tsb akan memperlemah jaringan rahim, dsb. Terkadang dijumpai adanya robekan. Juga, adakalanya berhasil, adakalanya tidak.

 8. Seorang wanita yang biasa bersalin dg cara caesar ini, hampir-hampir dia tidak dapat kembali melahirkan secara normal. Mustahil. Dikhawatirkan bekas lukanya, rebok kembali.

 9. Bahwasanya dg melakukan operasi ini, dapat mempersedikit keturunan. Jika perut itu digunting tiga kali pada sisi yang berbeda-beda, akan menjadi lemah dan rapuh. Akibatnya, kehamilan berikutnya pun menjadi membahayakan.

 10. Operasi caesar ini termasuk gaya hidup bermewah-mewahan. Sementara, gaya hidup mewah itu menyebabkan kehancuran. Sebagaimana Allah berfirman menyifati golongan kiri, (yg maknanya) "Sesungguhnya mereka sebelum itu hidup bermewah-mewahan." [QS. Al-Waqi'ah: 45]
 🌿  🌿  🌿  🌿
 Maka, hendaknya seorang wanita itu bersabar, ber-ihtisab (mengharap ajr dari Allah.-pent) dan tetap melahirkan dg persalinan normal. Inilah yang lebih bagus baginya, baik sekarang maupun kesudahannya nanti.

 Juga bagi para suami, hendaknya diri-diri mereka mewaspadai hal ini. Kita tidak tahu.. mungkin saja para musuh kita lah yang memudahkan cara-cara ini bagi kita. Sehingga maslahat-maslahat tsb terlewatkan serta kita terperosok dalam berbagai kerugian ini.

📙 Si Penanya:
Apa yang difahami dari 'bermewah-mewah' di sini?

📕 Beliau menjawab:
Bermewah-mewah, yakni menghindari rasa nyeri pada persalinan normal. Ini termasuk bermewah-mewah.
Sementara, jika sikap bermewah-mewah itu tidak membantunya dalam ketaatan kepada Allah, maka tercela. Atau minimalnya, mubah.

📚 [ Terjemah bebas dari Majelis Asy Syaikh Ibnu 'Utsaimin yg berjudul "Liqa' Al-Bab Al-Maftuh" yg ke-86 ]

⚫🔹🔸🔷🔸🔹⚫

0 Response to "Keterkaitan Sikap Tawakkal kpd ALLAH dg Tindakan Operasi Caesar "

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo